Loading...

Cara Update e-Faktur Versi 2.2

Cara Update e-Faktur Versi 2.2

Berdasarkan pengalaman sebelumnya ketika ada update e-faktur, banyak wajib pajak yang mengalami gagal update e-faktur secara otomatis. Saat aplikasi e-faktur terhubung dengan internet, maka e-faktur akan melakukan update. Nah, kondisi inilah yang banyak mengalami error.

Berhubung mulai 02 Februari 2019, DJP secara resmi merelease e-faktur versi 2.2. Mau tidak mau anda harus melakukan update e-faktur versi 2.2. Bagi anda yang beruntung mungkin akan berhasil update e-faktur versi 2.2 secara otomatis. 

Kebanyakan aplikasi e-faktur saat gagal update akan mengalami error ETAX-40006 : Error Update, Url Format Salah. Apabila anda mengalami error ETAX-40006 silahkan langsung update e-faktur versi 2.2 secara manual.

Sebenarnya cara update e-faktur versi 2.2 sama saja dengan cara update e-faktur versi sebelumnya 2.1. Tetapi kali ini akan saya ulangi lagi, biar lebih update.

Baca juga : Cara Update e-Faktur Versi 2.1

Backup dahulu database e-faktur lama (versi 2.1) dengan cara mengcopy folder DB ke media atau tempat penyimpanan lain. Hal tersebut untuk mengantisipasi database corrupt akibat gagal update.

Langkah pertama, silahkan anda download e-faktur versi 2.2 sesuai dengan OS laptop/PC yang anda miliki. Anda dapat download e-faktur 2.2 melalui laman resmi DJP di efaktur.pajak.go.id. Apabila tidak berhasil, anda dapat download e-faktur pada artikel di bawah ini.

Baca juga : Download e-Faktur Versi 2.2 Dengan Mudah

Langkah kedua, extract file e-faktur versi 2.2 yang berhasil anda download hingga berbentuk folder. Untuk cara extractnya, klik kanan pada file e-faktur hasil download, pilih extract here. Setelah itu, double klik pada file hasil extratc.

Cara Update e-Faktur Versi 2.2
Setelah berhasil terbentuk folder e-faktur terbaru. Silahkan anda beri nama lain atau yang penting tidak sama dengan nama file e-faktur sebelumnya. Jika nama sama dengan versi sebelumnya, takutnya nanti akan membuat anda bingung saat akan update.

Langkah ketiga. Masukkan database e-faktur lama (versi 2.1) ke dalam folder yang barusan anda extract atau e-faktur versi 2.2. Copy folder db e-faktur lama, kemudian pastekan ke dalam folder e-faktur baru. Langsung anda pastekan.

Cara Update e-Faktur Versi 2.2

Langkah keempat. Setelah anda berhasil mengcopy atau memasukkan folder dbe-faktur lama versi 2.1 ke dalam folder baru versi 2.2, silahkan jalankan file ETaxInvoiceUpd.exe untuk mengupdate program dan database, kemudian tunggu hingga proses selesai.

Cara Update e-Faktur Versi 2.2

Langkah kelima. Setelah ETaxInvoiceUpd.exe berhasil anda jalankan dan proses selesai, rename/edit/ganti nama file EtaxInvoiceUpd.exe menjadi ETaxInvoiceUpd_old.exe.

Cara Update e-Faktur Versi 2.2

Langkah keenam. Ini merupakan langkah terakhir, silahkan double klik padaEtaxInvoice.exe untuk memulai penggunaan aplikasi e-faktur versi 2.2. 

Apabila cara di atas anda lakukan secara berurutan maka anda akan berhasil update manual e-faktur versi 2.2. Demikian cara update e-faktur versi 2.2, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
TOP