Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman saat program e-spt tahunan OP selesai di patch versi 1.6.1, masalah muncul ketika mau membuka data spt yang telah dibuat sebelumnya muncul eror ‘conversion from type ‘DBNull’ to type ‘Integer’ is not valid’ . keterangan error bisa dilihat pada gambar berikut :

Beberapa orang bahkan saya sendiri sempat penasaran kenapa bisa terjadi hal seperti ini, akhirnya cari informasi di mbah google dapatlah beberapa saran dari group ortax… hal tersebut terjadi karena ada field yang kosong setelah melakukan patch ke versi 1.6.1 yaitu pada field Periode Pembukuan. untuk mengatasi masalah ini bisa melakukan langkah-langkah berikut :

Buka database espt ( default filename : data.accdb ) dengan Microsoft Access, oh ya password untuk open databaseNya ” ng!ABONl@yangl@yang ” silahkan dicopy passwordNya…

jika ada muncul popup security, “Certain content in the databse has been disable” klik options pilih “enable this content” OK. selanjutnya edit isi pada tabel ‘TbHeaderSpt’ pada gambar di atas yang saya lingkari. simpan database, kemudian buka kembali databse yang sudah diedit tadi dengan espt pph op…. hasilnya seperti berikut ini :

semoga tulisan ini bisa membantu kawan-kawan yang mengalami error pada espt pph OP……